Posted on 02 March 2023 | Categories: Headline, News, Review

Ada Restoran Indonesia di Daftar Rekomendasi Restoran Michelin

 

Mendapatkan predikat Michelin Star adalah hal yang paling prestise di industri restoran dan hotel. Michelin Star diberikan kepada restoran dan hotel yang menawarkan masakan luar biasa dengan lima kriteria universal, seperti kualitas bahan, keharmonisan rasa, penguasaan teknik, kepribadian koki yang diungkapkan melalui masakannya, dan tentunya konsistensi. Selain itu ada pula Bib Gourmand award, untuk restoran yang menawarkan makanan berkualitas namun dengan harga terjangkau.

Jika kita mengintip ke daftar restoran dan hotel Michelin melalui situs resmi https://guide.michelin.com/en/restaurants, ternyata ada 11 restoran Indonesia loh dalam daftar tersebut. Yuk kita lihat apa saja restoran Indonesia tersebut!


Cumi Bali, Singapura



Cumi Bali adalah restoran keluarga yang ramah dengan dekorasi batik, artefak Indonesia dan perabotan bergaya bambu menghiasi interior dan dinding mereka. Restoran ini sebelumnya berlokasi di Bukit Duxton dan Tanjong Pagar, namun telah pindah ke lokasi baru di 50 Tras Street, Singapura.

Cumi Bali dianugrahi Bib Gourmand award, yaitu sebuah restoran yang memberikan kepuasan akan makanan berkualitas sangat baik, namun dengan harga yang terjangkau. Menu-menu yang mendapat sorotan mereka, yaitu nasi kunyit dan menu khas cumi bali bakar.


Tambuah Mas (Tanglin Road), Singapura




Didirikan pada tahun 1981, Tambuah Mas adalah salah satu retoran tertua di Singapura yang menyajikan masakan rumahan Indonesia dari daerah Padang, Sulawesi, dan Jawa. Restoran Tambuah Mas memiliki 3 cabang, namun yang disoroti oleh tim Michelin yaitu restoran Tambuah Mas yang berlokasi di Tanglin Road. Adapun menu-menu yang menjadi sorotannya, adalah Rendang, Tahu Telor, Kepala Ikan Istimewa dan Es Serut Tradisional sebagai makanan penutup.


Lucky Indonesia, Hong Kong




Restoran Lucky Indonesia yang berlokasi di 46 Tung Ming Street, Hong Kong ini juga salah satu penerima Michelin Bib Gourmand award. Restoran yang telah berdiri hampir 30 tahun ini menyajikan berbagai masakan khas tradisional Indonesia. Dalam artikelnya Michelin memuji menu Sate panggang dalam berbagai variasi daging, yang menjadi khas restoran tersebut. Selain itu ada pula menu lainnya, seperti Nasi Kuning dan Bandeng Goreng yang menjadi rekomendasi mereka (Michelin).


Pandan (Yuexiu), Guangzhou




Restoran Pandan ini dikelola oleh chef dan sebagian besar tim dapur berasal dari Indonesia. Tidak hanya itu, semua rempah-rempahnya pun juga didatangkan langsung dari Indonesia. Adapun menu-menu yang menjadi sorotan dari restoran penerima Michelin Bib Gourmand ini, adalah menu Sate Ayam dan Rendang Sapinya.

Dari hasil pencarian kami, restoran Pandan di Yuexiu sepertinya sudah lama tidak beroperasi. Namun terdapat lokasi baru di China Plaza, Guangzhou, masih dengan pengelola yang sama.


Sate House, Taipei




Restoran Sate House telah beroperasi sejak tahun 1993, menyajikan hidangan klasik asli Indonesia. Masuk dalam penerima Michelin Bib Gourmand, yang ditonjolkan dari menu Sate House, adalah menu Rendang, Sate, Nasi Tumpeng, dan Ayam Goreng Kalasan yang ditemani tempe sebagai pelengkap. Restoran yang berlokasi di 15 Leli Road, Da'an District, Taipei ini memiliki desain interior sederhana yang menampilkan berbagai kerajinan tangan seperti patung kulit, ukiran kayu, patung garuda, dan model kapal pinisi.


Spandershoeve, Belanda




Spandershoeve telah menyajikan masakan tradisional Indonesia di Belanda sejak tahun 1972. Menu masakan di restoran ini telah diwariskan turun temurun dari sang Nenek Anita Boerenkamp, hingga ke cucunya Timo. Hingga kini restoran penerima Michelin Bib Gourmand ini masih menjaga cita rasa otentiknya, namun beberapa diantaranya dipadukan dengan tren terbaru.


Blauw, Belanda



                                                                                                        Foto: Instagram @restaurantblauw

Blauw digambarkan sebagai restoran Indonesia yang menampilkan pengaruh “street food” pada masakannya. Michelin memilih kata authenticity dan purity sebagai bentuk penghargaan tinggi kepada restoran yang menerima penghargaan Michelin Bib Gourmand ini. Restoran yang berlokasi di Springweg 64, Utrecht, Belanda ini memiliki sajian unik bernama Rijsttafel atau ”Rice Table”, layaknya penyajian hidangan di restoran Padang, yang disajikan dengan piring saji daun. Selain itu ada pula sajian daging kambing panggang yang menjadi rekomendasi.


Ron Gastrobar Indonesia, Belanda




Ron Gastrobar Indonesia diarsiteki oleh executive chef Agus Hermawan yang diwarisi keahlian memasak dari sang Ibu. Chef Agus Hermawan juga mempelajari keahlian memasak di berbagai level restoran berbintang, hingga akhirnya dia berakhir di Grup Ron Gastrobar. Pria asal Jawa ini juga pernah dinobatkan sebagai duta masakan Indonesia di Belanda oleh Menteri Pariwisata RI. Restoran ini juga menyajikan 2 pilihan hidangan Rijsttafel atau ”Rice Table”, dengan sajian menu tradisional seperti Udang Peteh, Sate Ayam, Rendang, Sayur Lodeh, Gado-Gado, Serundeng, dan lain-lain.


Ron Gastrobar Oriental Downtown, Belanda


 

Masih dari grup Ron Blaauw, Ron Gastrobar Oriental Downtown menyajikan perpaduan cita rasa masakan Cina dan Indonesia. Restoran yang berlokasi di Kerkstraat 23, Amsterdam ini menyajikan beberapa pilihan masakan Indonesia, seperti Bakmi Tek Tek, Sate Ayam, Sate Maranggi, Nasi Goreng, sajian Rijsttafel atau ”Rice Table”, dan Bebek Peking yang merupakan menu spesial mereka.


Dija Mara, Amerika Serikat




Dija Mara merupakan restoran Indonesia di California, Amerika Serikat yang menghasilkan menu unik terinspirasi dari Bali, memadukan cita rasa Asia Tenggara dan Barat, dengan teknik memasak dari Jepang.

Walau masuk dalam Michelin Bib Gourmand, namun penyajian menu di Dija Mara begitu artistik layaknya fine dining. Michelin menyorot menu Nasi Goreng Dija Mara yang luar biasa, gabungan nasi goreng udang dan ayam, dipercantik dengan telur mata sapi yang sempurna, yang dilengkapi dengan dengan bawang merah goreng yang renyah.


Wayan, Amerika Serikat




Restoran Indonesia ini hadir atas dipersembahkan atas kecintaan Chef co-owner Cédric Vongerichten akan Indonesia. Wayan restoran menawarkan perpaduan cita rasa Indonesia dengan Prancis modern, yang sudah disesuaikan dengan lidah Amerika. Berlokasi di New York Amerika, restoran ini menyajikan berbagai menu sate, nasi goreng dan menu-menu unik, seperti Avocado Gado-Gado, Rendang Escargot, Dungenes Crab Saos Padang, Brussels Sprouts Urap, dan masih banyak lagi.


Sayangnya dari 11 restoran tersebut tidak ada satupun yang berada di Indonesia. Tidak usah kecewa, walau belum ada namun masakan dan chef Indonesia semakin dikenal dan mampu bersaing di dunia.



Tags: michelin, star, bib gourmand, restaurant, indonesia, international, cumi bali, singapore, tambuah mas, tanglin road, lucky indonesia, hong kong, panda