Posted on 05 November 2020 | Categories: Review

Mesin Vacuum Packaging untuk Frozen Food

 

Di masa pandemi, banyak sekali industri Horeca yang mulai beralih ke bisnis frozen food. Bisnis ini menjadi primadona karena mampu menjangkau konsumen setelah banyak restoran dan kafe terpaksa tutup karena PSBB. Bagaimanapun, bisnis harus tetap berjalan. Pelanggan pun akhirnya beralih dengan membeli makanan secara online atau take away.

Dengan kondisi seperti ini, pemilik bisnis perlu menyesuaikan cara menjual masakannya, yakni salah satunya dengan mengemas dan melayani pengiriman ke alamat pelanggan. Walau terlihat mudah, namun untuk tetap menjaga higienitas dan cita rasa masakan diperlukan keterampilan proses masak dan pengemasan yang benar. 

Dalam proses pengemasan, penggunaan vacuum packaging sangat penting. Karena dengan menggunakan alat vacuum packaging, proses diokdasi akan berkurang, pertumbuhan bakteri dan jamur melambat, sehingga makanan yang dikemas lebih tahan lama.




Rata-rata harga mesin vacuum packaging berkisar antara Rp7 juta hingga Rp50 juta tergantung kapasitas dan kegunaannya. Harga alat semakin mahal, apabila ukuran chamber lebih besar, memiliki dua sealing lidsealing lid lebih tebal, bisa untuk berbagai masakan misalnya makanan yang berkuah, berupa biji-bijian, dan lain-lain. Tentu saja, semakin mahal alat vakumnya, fungsinya semakin banyak dan lengkap. Dengan mesin yang lengkap akan menghasilkan produk yang lebih prima, selanjutnya akan menambah kepercayaan pelanggan, dan penjualan pun meningkat.

Salah satu mesin vacuum packaging yang harganya cukup terjangkau adalah GETRA Vacuum Packaging DZ-260/PD. Mesin ini dibandrol seharga Rp9 jutaan, memiliki dimensi vacuum 285 mm x 390 mm x 380 mm. Alat ini cukup besar untuk menampung satu ekor ayam utuh. Sedangkan dimensi keseluruhannya 510 mm x 303 mm x 380 mm. Beratnya cukup berbobot 37 kg, sehingga harus ditempatkan di tempat yang kokoh.




Cara mengoperasikannya cukup mudah, karena tersedia tombol-tombol yang mudah dipahami. Anda cukup mengatur lama vacuum dan waktu penyegelan dengan tombol up dan down dalam layar digital. Selain itu, terdapat pula tombol pengaturan sealing temperature, Low-Medium-High. Lamanya mem-vacuum biasanya tergantung pada besaran produk yang akan di-vacuum. Sedangkan untuk penyegelan, lamanya dan suhunya tergantung ketebalan plastik yang digunakan. Alat ini juga dilengkapi dengan tombol emergency di samping kiri mesin. Setelah melakukan pengaturan sesuai kebutuhan, dan produk yang akan di-vacuum sudah dalam posisi yang benar. Maka Anda tinggal menutup alat vacuum dan mesin akan bekerja dengan sendirinya.

Ada 2 hal yang harus dijaga dalam penggunaan mesin vacuum packaging. Pertama, Anda harus menjaga bagian vacuum lid yang merupakan salah satu organ terpenting dalam mesin ini. Yang kedua, Anda harus mengisi minyak khusus ke dalam vacuum pump setiap 120 menit pemakaian. Biasanya Anda akan mendapat 1 botol minyak pelumas.

Untuk informasi lebih jelas, Anda dapat menghubungi GETRA atau PT Royal Sutan Agung selaku distributor mesin vacuum packaging DZ-260/PD.


Tags: vacuum packaging, bisnis, restoran, kafe, katering, frozen food, foodservice, pandemi