Posted on 02 July 2020 | Categories: Review

Performa Maksimum untuk Dapur Kecil Minimum

 

Combi oven merupakan salah satu equipment yang sangat praktis dan memudahkan pekerjaan masak Anda di dapur restoran, hotel dan juga katering. Dengan berbagai macam fitur yang dimiliki combi oven saat ini, Anda bahkan dapat memasak beragam masakan lebih cepat, mudah dan bahkan dapat menghemat tenaga.

Namun beberapa combi oven kebanyakan memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga sangat sulit untuk mengaplikasikannya di dapur komersial yang kecil. 

 

Ukurannya yang kecil tetapi tidak mengurangi kemapuannya yang besar


Salah satu produsen combi oven ternama, Rational, menangkap permasalahan ini dengan mengeluarkan combi oven berukuran yang lebih kecil, yaitu Rational SelfCookingCenter® XS.

Dengan ukuran kedalaman 55,5 cm, lebar 65,5 cm dan tinggi 56,7 cm, combi oven asal Jerman ini 60% lebih kecil dibandingkan combi oven ukuran normalnya. Walaupun begitu, combi oven ini memiliki manfaat besar yang mampu menghasilkan masakan luar biasa setiap saat, mudah dioperasikan, ekonomis, dan tidak perlu dibersihkan secara manual. Tidak tanggung-tanggung, combi oven ini juga dilengkapi dengan semua kemampuan yang terdapat dalam fitur SelfCookingCenter® andalan mereka.




Berbagai macam jenis dan ukuran Combi Oven Rational


Rational SelfCookingCenter® XS ini juga menggunakan tiga metode memasak dalam satu alat, yaitu convection, steam, dan kombinasi steam dan convection dengan temperatir mulai dari 80-575°F. Convection dapat digunakan untuk memanggang roti atau daging panggang. Sedangkan fungsi steam dapat mengukus tekstur masakan yang lembut seperti ikan, nasi, atau memasak sayuran sehingga mendapatkan hasil yang sempurna. Saat menggunakan fungsi kombinasi, combi oven ini mampu bekerja bersama untuk menghasilkan hasil yang lembab, beraroma, dan meminimalkan penyusutan makanan. 



Anda bahkan dapat menumpukkan dua combi oven sekaligus atas-bawah 


Dengan Rational SelfCookingCenter® XS ini Anda bahkan dapat melakukan banyak aktivitas memasak, seperti menggoreng, roast, grill, steam, poach, bake, dan banyak lagi. Anda juga dapat melakukan hal-hal tersebut semuanya hanya dalam jarak kurang dari 1 m². Daging, ikan, unggas, sayuran, hidangan telur, makanan yang dipanggang, hingga makanan penutup dapat dimasak dalam jumlah yang besar dan sangat efisien. 

Seperti halnya unit Rational lainnya, mengoperasikan SelfCookingCenter® XS sangatlah mudah. Walaupun berukuran kecil, namun panel layar kontrol tidak diletakkan di atas unit. Akan tetapi ia tetap diletakkan di sebelah kiri pintu. Hal ini dimaksudkan agar tetap mengedepankan perspektif teknis dan ergonomis, serta membuatnya terlihat lebih menarik. Selain itu ini juga memberikan faktor keamanan bagi pengguna dan melindungi komponen elektronik dari kerusakan jangka panjang akibat keluarnya uap.

Tampilan grafik digital yang menarik tetap dikedepankan sehingga memungkinkan pemantauan iklim ruang secara konstan dan dengan kontrol layar sentuh menjadikannya sangat praktis. Mesin ini juga dilengkapi dengan monitor rak secara terpisah untuk memungkinkan muatan campuran, dan dapat diprogram melalui USB.



Tampilan digital tetap dikedepankan walau ukurannya yang lebih kecil


Combi oven Rational SelfCookingCenter® XS ini bisa dibilang jawaban bagi seluruh dapur komersial berukuran kecil, karena dapat mengurangi beban kerja seperti yang dibutuhkan oleh tim dapur Anda. Dengan segala kecanggihan, keunggulan dan segala manfaat yang memudahkan para juru masak di dapur komersial, mesin combi oven ini bahkan mendapatkan penghargaan, Kitchen Innovations Award di tahun 2017 karena dinilai secara progresif dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk ini, Anda dapat melihatnya di situs resminya, www.rational-online.com atau menghubungi agen resmi Rational via email r.lim@rational-online.com.


Tags: combi oven, rational, mini combi oven, selfcookingcenter, professional kitchen equipment, restoran, perangkat dapur komersial