Posted on 08 May 2020 | Categories: Headline

McD adalah Sarinah, Sarinah adalah McD

 

McDonald's Sarinah resmi dinyatakan tutup untuk selamanya sejak 10 Mei 2020, pukul 22.05 WIB, seperti rilis yg diedarkan hari ini, Kamis (7/5/2020). Pengelola gedung PT Sarinah (Persero) memaksa semua gerai yang bukan merek lokal untuk mengakhiri kontraknya.

Pengelola gedung telah mengirimkan surat resmi tersebut kepada manajemen McDonald’s Indonesia pada hari Kamis, 30 April 2020. Manajemen gedung Sarinah berencana melakukan renovasi tahun ini juga yang dimulai bulan depan. Akhir tahun lalu Menteri Erick Thohir, melalui akun Instagramnya, menyatakan akan merombak total Sarinah. Nantinya, merek-merek lokal dan UMKM akan menjadi prioritas untuk menempati Sarinah. 

McD Sarinah telah menempati sudut Pusat Perbelanjaan Sarinah di Jalan MH Thamrin itu selama 29 tahun dan menjadi salah satu ikon Kota Jakarta paling terkenal. Hampir pasti tak ada orang yang tak tahu di mana letak McD Sarinah. Karena McD adalah Sarinah dan Sarinah adalah McD. 

McD Sarinah bukan hanya bersejarah bagi perusahaan pemilik waralaba internasional ini, tetapi juga bagi konsumen. Banyak kenangan yang terpatri di benak konsumen, bahkan menjadi saksi perjalanan hidup banyak orang. 

Lokasinya yang strategis di pusat kota, akses yang mudah, apalagi sekarang dengan transportasi publik yang melintas tepat di depannya. "Bagi kami, McDonald’s Thamrin adalah flagship store yang menjadi tonggak sejarah kehadiran McDonald’s di Indonesia.

Namun bagi jutaan konsumen McDonald’s yang pernah singgah di restoran kami tersebut, McDonald’s Sarinah Thamrin adalah kenangan indah yang telah menciptakan jutaan momen berharga dan tak terlupakan. Banyak konsumen kami yang memiliki pengalaman pertama bersama McDonald’s di Sarinah Thamrin dan sekarang mewariskan pengalaman itu kepada anak-anak mereka dengan tetap menjadi pelanggan setia McDonald’s Sarinah Thamrin,” ujar Direktur Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald’s Indonesia Michael Hartono. 



McD Sarinah adalah restoran pertama McDonald's di Indonesia yang mulai dibuka 23 Februari 1991. Ketika terjadi perubahan kepemilikan lisensi, gerai Sarinah Thamrin sempat ditempati restoran Tony Jack pada 2009. Akhirnya, McDonald’s kembali ke Sarinah Thamrin pada 2011 setelah memenangi proses tender. 

Walau McD Sarinah Thamrin ditutup, McDonald’s memastikan seluruh karyawannya yang bekerja di restoran tersebut akan tetap bekerja dengan merelokasi karyawannya ke berbagai restoran McDonald’s lainnya. 

Sebagai alternatif McD Sarinah, konsumen dapat mengunjungi restoran-restoran terdekat seperti McD Hayam Wuruk, Raden Saleh, Cideng dan Central Plaza.

Lisensi McDonald’s Indonesia dimiliki oleh PT Rekso Nasional Food (RNF) sejak 2009. Salah satu anak perusahaan Rekso Group ini menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald’s International Property Company (MIPCO) yang memberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan merek McDonald’s dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia.

Hingga hari ini RNF telah membuka 227 gerai McDonald's yang tersebar di seluruh Indonesia.


Tags: mcdonalds, mcdonald's, mcd sarinah, restoran, waralaba, sarinah, sarinah (persero), burger, big mac, mcflurry, rnf, pt rekso nasional food